POTENSI GGAS ALAM SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPARATIF NEGARA INDONESIA

TUGAS MAKRO EKONOMI
POTENSI GAS ALAM SEBAGAI KEUNGGULAN KOMPARATIF NEGARA INDONESIA



Description: I:\logo_uns.gif
Oleh
NURUL AFIFAH
                                        F 0311090  
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITA NEGERI SEBELAS MARET




LATAR BELAKANG
Sampai saat ini Minyak bumi merupakan salah satu sumber energi utama yang digunakan diberbagai belahan dunia. Kebutuhan akan bahan bakar selalu meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi untuk industri maupun transportasi. Dampak yang ditimbulkannya pun tidak main-main, yaitu menipisnya jumlah minyak bumi yang ada. Dengan keaadan seperti itu mendorong semua orang mencari sumber energi baru yang kiranya masih tersedia dalam jumlah banyak didunia. Salah satu sumber energi yang dapat diandalkan saat ini adalah gas alam yang dapat dijadikan sebagai pengganti minyak bumi. Hal ini sangat menguntungkan bagi Negara-negara yang mempunyai lahan cadangan gas bumi yang besar dan mungkin akan menjadi  keunggulan komparatif bagi negara tersebut,dimana  keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya (David Ricardo). Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu bangsa dapat meningkatkan standar kehidupan dan pendapatannya jika negara tersebut melakukan spesialisasi produksi barang atau jasa yang memiliki produktivitas dan efisiensi yang tinggi. Contohnya adalah Indonesia. Dalam hal ini gas bumi menjadi keunggulan komparatif  bagi Indonesia dan patut untuk dibanggakan. Akan tetapi sangat memalukan jika kita hanya bisa bangga dengan apa yang kita punya. Hal yang utama yang harus dilakukan oleh Negara Indonesia yaitu mengolah dengan bijaksana gas bumi yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan energi dinegara kita sendiri dengan harga yang lebih murah dibanding dengan harga minyak. Setelah memenuhi kebutuhan dalam negeri dengan harga yang murah, maka sangat memungkinkan bagi Indonesia untuk mengekspor  gas alam ke negara lain dengan harga seperti yang telah ditentukan oleh dunia. Dengan begitu Indonesia dapat meningkatakan pendapatan nasional  sehingga bisa meningatkan taraf hidup masyarakatnya.







PEMBAHASAN
1.Sumberdaya Alam
1.1 Definisi Sumberdaya Alam
Sumberdaya alam atau biasa orang menyebutnya SDA  adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk memenuhi  kebutuhan manusia. Pada umumnya SDA diciptakan oleh Tuhan untuk memenuhi kebutuhan  manusia karena SDA secara mutlak menunjang kehidupan semua makluk dibumi ini. Namun sayang sekali  tidak semua sumberdaya alam didunia ini tersebar secara merata. Hal ini dikarenakan kondisi geografis setiap negara yang berbeda-beda.
1.2 Macam-macam sumber daya alam
Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak diekspliotasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas, minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut. Oleh karena itu pengelolaan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui  harus memperoleh penanganan maupun pengelolaan secara bertanggung jawab,contoh riilnya adalah pengolahaan minyak bumi dan gas alam yang kebanyakan negara mempercayakan hanya pada satu atau dua perusahaan guna mempermudah pengawasanya. Salah satu yang harus  benar-benar diawasi pengelolaannya saat ini adalah pengelolaan gas alam guna menjaga keberadaanya setelah minyak bumi yang ada di dunia mulai menipis bahkan hampir habis.
2.Sumber daya Gas (Gas Alam)
Dalam hal ini kita lebih menekankan kepada kondisi sumberdaya gas di Indonesia. Pada mulanya pengertian dari gas alam sendiri secara umum adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana CH4 yang dulunya berasal dari fosil-fosil yang telah diuraikan oleh bakteri anaerob dengan wainktu sangat lama. Gas alam mempunyai manfaat yang tidak kecil bagi keberlangsungan kehidupan, baik diIndonesia maupun dinegara lain, contohnya Gas alam sebagai bahan bakar, antara lain sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas/Uap, bahan bakar industri ringan, menengah dan berat, bahan bakar kendaraan bermotor (BBG/NGV), sebagai gas kota untuk kebutuhan rumah tangga hotel, restoran dan sebagainya. Selain itu gas alam juga berguna untuk komoditas energi untuk ekspor, yakni Liquefied Natural Gas (LNG).Memang kegunaan gas alam lebih berguna untuk bidang teknologi dan keberadaanyapun harus dengan teknologi“A study was undertaken on behalf of the national  petrolium council to asses the impact of technologi on unconventional gas development and estimate the potential impact of technology on a worldwide basis over the next 25 year”.(Holditch,Stephen A dkk.2007.diakses tanggal 5 Okt 2011 jam 20.54) . Dengan cadangan gas bumi yang melimpah diberbagai  negara diharapkan gas menjadi solusi  untuk pengganti minyak bumi, apalagi untuk Indonesia yang mempunyai cadangan gas alam yang tidak sedikit. Berikut beberapa negara dengan penghasil gas alam terbesar diantaranya :
1.      Rusia =1,680
2.      Iran =971
3.      Qatar =911
4.      Arab Saudi =241
5.      United Arab Emirates =214
6.      Amerika Serikat =193
7.      Nigeria =185
8.      Aljazair =161
9.      Venezuela =151
10.  Irak =112
11.  Indonesia =98
12.  Norwegia =84
13.  Malaysia =75
14.  Turkmenistan =71
15.  Uzbekistan =66
16.  Kazakhstan =65
17.  Belanda =62
18.  Mesir =59
19.  Kanada =57
20.  Kuwait =56,dengan satuan Trilyun kaki persegi
.(Daftar 20 negara engan cadangan gas terbesar.infoplease.com.diakses paada tanggal 05 Okt 2011 jam 20.54)
2.1 Industri gas di Indonesia
            Indonesia kaya akan gas alam.Hampir disetiap sudut pulau-pulaunya mengandung unsur-unsur gas alam. Beberapa sumber menyebutkan gas alam banyak ditemukan didaerah ujung pulau Sumatra,lebih tepatnya Nanggroe Aceh Darusalam yang juga merupakan penyimpan gas alam terbesar diIndonesia. Sebagian dari gas yang terdapat di Lhoksumawe dikelola oleh PT Arun NGL Company. Namun seperti yang tertulis diatas, sebagian negara mempercayakan pengelolaan minyak bumi maupun gas dipercayakan pada satu atau dua perusahaan tak terkecuali Indonesia. Selain PT lokal yang mengelola gas bumi di Aceh maupun daerah lainya, gas bumi juga dikelola secara nasional oleh BP. MIGAS  guna efisiensi  pemerataan maupun dari segi pengawasan. Bukan hanya karena jumlahnya yang terbatas tetapi Gas menyumbang pemasukan yang banyak bagi pendapatan negara.
 “Liquefied natural gas (LNG) exports remained stable, making up 55 percent of the country’s total gas production and generating over $6 billion in revenue.”( Indonesia’s Natural Gas Opportunities and Challenges.2003.diakses tangal 05 Okt 2011  jam 21.19) .Beberapa persen dari APBN itu berasal dari setoran pengelolaan gas bumi oleh beberapa perusahaan. Dengan kondisi demikian, diharapkan bisa menolong perekonomian  negara.
Lain halnya dengan negara Rusia. Rusia saat ini merupakan pengekspor energi gas terbesar untuk Uni Eropa. Lebih dari 25% konsumsi gas di UE berasal dari  Rusia dan jika dilihat dari keseluruhan eropa hampir 70% dari total impor gasnya.Kekuatan Rusia dengan kondisi gas yang melimpah menjadikan negara tersebut  memiliki peranan penting dalam menentukan posisi tawar antara Rusia terhadap UE terkait dengan ekspor dan import energi gas.Dengan kata lain Rusia menjadi pemasok utama untuk konsumsi gas di UE dan memegang peranan yang sangat signifikan bagi UE.
 2.2.Tantangan dan Kesempatan
            Indonesia kaya akan kayu dengan ukuran yang besar,sedangkan malaysia tidak punya hutan kayu seluas  Indonesia. Tetapi kenapa Indonesia mengimport kayu lapis dari Malaysia? Keadaan seperti ini sangat tidak diharapkan terjadi pada pengelolaan gas bumi kita. Dengan posisi Indonesia yang masih perjalanan menuju tingkat ke-10 untuk pemilik gas terbanyak didunia dan ke dua terbanyak di asia pasifik, membuat Indonesia mendapat tantangan sekaligus kesempatan guna melebarkan kiprahnya didunia melalui potensi gas bumi yang dimiliki. Berikut beberapa tantangan yang harus dihadapi  terkait dengan permasalahan industri gas di Indonesia menurut beberapa sumber:

1.      “Dalam1dekade terakhir penambahan cadangan terbukti gas bumi nasionalt idakterlalu siginifikan, dari 94,6TCFtahun 2000 mencapai 112,3 TCF tahun 2009,atau hanya tumbuh rata-rata2,1%pertahun.Demikian pula dengan tingkat produksi meningkat dari6,3miliar kaki kubik perhari(SCFD) menjadi 7 miliar SCFD atau hanya tumbuh rata-rata1,2% pertahun pada periode yang sama
2.      Indonesia merupakan produsen gas bumi terbesar kesepuluh didunia dan terbesar kedua diAsia Pasifik padat ahun 2009,namun demikian pemanfaatannya didalam negeri belum optimal.Sekitar50%daritotalproduksitersebutdialokasikanuntukekspor,baikdalambentukLNGmaupungasbumi.Sharegasbumididalamenergy(primer)mixnasionalhanyasebesar19%daritotalkonsumsienergiyangmencapai1,1miliarBOE;
3.      BerdasarkanNeracaGasNasional,padatahuninidiproyeksikanterdapatdefisitgasmencapaisekitar1miliarSCFD,terutamadiJawa(0,44miliarSCFDdanSumatera(0,34miliarSCFD)yangdiakibatkanolehkekuranganpasokandanketerbatasaninfrastruktur”(Ismayatun.Ir.2010.diakses tanggal 06 Okt 2011jam 20.30)

Dengan tantangan yang seperti ini diharapkan juga agar Indonesia mampu mengambil kesempatan sebagai negara kaya gas bumi untuk mengembangakan kiprahnya dimata dunia seperti  memenuhi sendiri kebutuhan gas dalam negeri dan bisa mengeksport  gas keluar negeri  seperti yang dilakukan Rusia terhadap Uni Eropa maupun ke negara lain.



DAFTAR PUSTAKA
Anonim.2003. Indonesia’s Natural Gas Opportunities and Challenges.Diakses pada tanggal 05 Oktober 2011.
Anonim.Tanpa tahun.Daftar 20 Negara dengan cadangan gas terbesar. http://www.infoplease.com. Diakses pada tanggal 05 Oktober 2011.
 Dewi,rosita.2008.Dilema pasokan energi Uni Eropa menghadapi kekuatan energi Rusia dan Turki.www.wordpress.com.Diakses pada tanggal 05 Oktober 2011 .
Holditch,Stephen A.2007.Unconventional Gas.2007. www.npc.org/.../29-TTG-Unconventional-Gas... -.Diakses pada tanggal  05 Oktober 2011.
Ismayatun.Ir.2010.Persepektif Politilk Keberpihakan  Negara dalam Pengelolaan Migas .2010.www.drn.go.id/pustaka/jakstra.pdf.Diakses pada tanggal 06 Oktober 2011.
 

0 komentar:

Posting Komentar